Peduli Lontar PL10HMAT1935- Hadroh


A. Fungsi Mushollah dari Awal bediri sampai saat ini
    Mushollah At Takwa 1935 ada peninggalan pendahulu alim ulama desa lontar. Sudah banyak murid yang pernah di didik disini menjadi generasi yang unggul dan menjadi orang yang sukses di tempat perantauan. Fungsi dari mushollah tetap sangat penting bagi perkembangan syiar di desa Lontar dari dahulu hinggah saat ini.
       Moshullah ini juga menjadi wadah bagi perkumpulan ibu ibu majelis taklim At Takwa untuk terus belajar mengikuti perkembangan zaman.
    Harga Alat hadro ini bervariasi  dari 2 jutaan sampai 5 juataan per-Set-nya, tergantung pilihan yang polos atau Ukur serta bahannya.
 
B. Kemahiran Ibu Ibu Mosholah dari generasi ke generasi
 Selain Pengajian Al Qur an, di musholah ini juga berkembang pengetahuan ibu ibu Majelis taklim At Takwa akan irama Padang pasir.
1. Kelompok Rebanahan
    Tahun 80, 90 hingga tahun 20, Kolompok ibu ibu sukses mengikuti semua perlombaan serta dapat mebawa nama besar desa lontar setiapkali ada undangan dari desa tetangga untuk tampil menunjukan kebolehannya.

2. Kelompok Marawisan
   Saat Marawis sedang tren- tren nya, kelompok ibu ibu jemaah mushollah At Takwa sempat tidak mengikuti karena tidak ada generasi penerus, serta kendala tidak adanya alat marawis. Diakhir ketenaran Marawis tahun 2017, ada Ngesanak asal desa llontar yang bersedia brdonator agar bisa membeli  1 perangkat alat marawis Ibu ibu desa Lontar. Dengan adanya alat Marawis minat belajar ibu ibu begitu besar dapat tersalurkan, sehingga tetap dapat mengikuti walaupun sudah agak terlambat.
3. Kelompok Hadroh
    Ketenaran Marawis, di tahun 2020 mulai tergantikan dengan alat Musik Hadroh Versi habib Syech di wilayah OKU . Sudah banyak penampilan group hadro dari desa lain saat ada undangan keramaian, serta sudah  perlombaan tingkat Kabupaten.


C. Usahan dan harapan untuk  dapat memiliki Alat HAdroh
   Kelompok Ibu ibu mushollah At takwa memiliki minat belajar yang besar akan alat Musik hadroh tersebut. Tetapi yang menjadi kendala pengadaan alat ini cukup mengalami kesulitan karena harga lumayan mahal. Sehinggah kelompok pengajian At Takwa menjadi ketingala dan tidak bisa unjuk  kebolehan saat ada keramaian atu pun perlombaan.
Kelompok Pengajian Majelis Taklim At Takwa berharap ada pihak yang sanggup yang dapat membantu.
    • Full Paket hadroh Habib Syech terdiri dari : 
          1. Rebana/hadroh : 4 buah  .
          2.  Darbuka : 1 buah.
          3. Tam  : 1 buah.
          4. Keprak : 2 buah
          5. Bass  : 1 buah

Siapa yang bersedia Bedonasi, untuk membatu kesulitan ibu ibu Jemaah Mushollah At Takwa 1935. untuk perlengkapan alat kelompok Pengajian di Mushollah At Takwa.

Jika dilakukan pembalian alat Hadroh  , harap di print kertas ini saat penyerahan (serupa seperti ini , untuk Dokumen)







D. Mengajak Ngesanak Untuk Dapat membantu ibu ibu Musholla
      Dengan ada nya info kebutuhan dan kesulita dari ibu ibu yang mempunyai kegitan di mushollah Al hikmah, Kita berusaha menginformasikan ke Ngesanak di perantaun agar ada nyag bersedia membantu.
          Untuk menginfomasikan hal tersebut kita umumkan di group orang orang yang peduli akan perkembangan desa Lontar, yaitu melalui WA Group "PEDULI LONTAR"
Setelah di posting di group tersebut alhamdulillah respon ngesanak cukup baik. sehingga ada posting lanjutan melalu japri WA.
Tetapi semuanya butuh proses, karena kesibukan masing masing banyak hal yang menjadi hambatan.
Walupun membutuhkan proses yang panjang ada ngesanak yang menghubungi kembali utk memenuhi kebutuhan ibu ibu di dusun Lontar tesebut


E. Proses Pemesana Hadroh 
       Setelah ada ngesanak yang menyanggupi untuk membantu pengadaan kebutuhan Hadroh untuk inventaris mushollah At Takwa 1935. Berbagi proses dikusi melalui WA japri kita lakukan :
Berikut dokumennya percakapan WA dan proses pemsanan serta pembuatan hadronya

Salah satu percakapan dalam pemilihan model dan jenis 1 set Hadroh Versi Habib Syech, sehingga disepatati harga Netto pengukiran dan pengiriman sampai ke Lontar Via Indah Kargo


Trasefer dana dari Donator Selata di ketahui harga Netto dari 1 Set Hadroh Versi Habib Syech tersebut, denganbukti melapirkan Screenshot hasiul percakanpan dengan pengrajin.











Transfer dana dari Donator Setalah diketahui harga Netto dari 1 Set Hadroh Versi Habib Syech tersebut, dengan bukti melapirkan Screenshot hasil percakanpan dengan pengrajin Hadroh di Jepara jawa tengah.



 Prembayaran di lakukan kepada Pengajir Hadro di Jepara agar  Alat Hadro yang di pesan agr segera di lakukan pengukiran sesuai dengan desain yang telah di sepakati di awal.



 Proses menetukan warna, menentukan motif dan di sign nya dilakukan dengan dikusi melalui WA dengan Pengrajin langsung di Jepara, JAwa tengah.
Proses yang dilakukakan oleh pengrajin dengan penguiran pada kayu khusus Bas. Proses dilakukan dengan sangat hati hati, agar mendapatkan hasil yang sesuai harapan. setiap perkembang pengerjaan selalu di laporkan oleh pengrajin di jepara melalui WA.


 Proses Pemberian warna dasar pada Bas
 Proses pengecetan Pada Darbuka
Hasil yang didapat selah di lakukan proses demi proses di Bas ( salah satu alat Hadroh Versi Habib Syech)








Tahapan Proses demi proses ini selalu kita informasikan ke donator.
 Kita juga harus melakukan komunikasi dengan ibu ibu pengurus moshollah At takwa di desa lontar. Peroses ini dilakukan agar sesuai dengan perimtaan dari dusun lontar serta  tehnis mengatur cara peneriaanya di dusun Lontar. proses ini cukup memakan waktu karena komunikasi ada beberapa kendala, seperti tidak selalu aktif WA mau pun no telponya, no Hp yang tidak ada WA nya dan masih banyak kendala lainnya.  Berkat usah secara terus menerus, usaha tersebut dapat mebuahkan hasil, walaupun masih dibayang banyangi Kesulitan komunikasi saat barang tesebut tiba di tangsi lontar.
Kita juga sudah melakukan pelacakan tenpat agen Indah kargo di wilayah oku, dengan mencari info yang cukup intens, ahirnya kita dapat info bahwa perwakilan Indah Kargo ada desa Belambangan, serta kita dapatkan kontak no HP. Hal ini kita lakukan agar ngesak di desa Lontar seberang tidak mengalami kesulitan saat penerimaan pakat langsung dari Jepara Jawa tengah tesebut.

     Semoga ada no WA dan HP hang Lontar yang selalu aktif saat pengiriman nanti ( rencana antara tanggal 7 -11 Agustus 2020)

Catatan : Desa lontar tersebut ada beberapa kelompok pengajian + Hadroh nya, kedepan diharapkan ada juga ngesanak yang bersedia berdonasi ( bisa dilakukan perorang maupun donasi besama), agar ada penambahan alat hadroh 1 set lago sebagai invetaris mushollah At takwa, agar memudahkan kelompok ibu ibu yang lain melakukan latihan pengunaan alat Hadro tersebut.
SAAT INI LONTAR ITU BESAK, JADI TDAK BISA MENAPUNG KALU HANYA SATU KELOMPOK  PENAGAJIAN+ HADROH SAJA,
WALAUPUN BEDA KELOMPOK KEKOMPAKAN IBU IBU TETAP TERJAGA, Berkat adanya Moshollah At Takwa 1935, sebagai wadah pergerakan ibu ibu desa lontar dari masa ke masa

F. DOKUMEN PENGIRIMAN HARDOR DARI PENGAJIN JEPARA KE DESA LONTAR
      
Pengecekan Paket dari Jepara Jateng  saat tuba di kantor indah kargo oleh Sdr, Helmi , Baturaja OKU

Ibu ibuk berkumpul saat alat HADROH 1 SET  baru datang melewati Paket  "INDAH KARGO" dari Jepara - Jawa Tengah

G. DOKUMEN PENYERAHAN.

Dokumen penyerahan Hadroh : 
Peduli Lontar  PL10HMAT  yang merupakan bantuan dari Bp H Marjito Bachri/  DPC Gerindra OKU

H. PENGGUNAAN HADRO DI DESA LONTAR

    1. PENGANJIAN MT AL BAROKAH 
            Sedang latihan Hadroh di Mushollah At Takwa 1835
            

      2. Kondangan di Desa Kemalajaya

        
             IBU IBU Pengajian MT Al Barokah sedang menggunakan alat Hadro saat kondangan di Desa              Kemalajaya . lihat pada link berikut : (Halaman Mushollah At Takwa 1935)


    3. PENGANJIAN TPA AL ZAKIRO



        Anak TPA sedang latihan menggunkan alat Hadroh 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peduli Ngesanak 3Ds @Iga G

Peduli Lontar PL11kZ